Rangkaian Kompas Digital

Rangkaian Kompas Digital adalah salah satu rangkaian yang di gunakan untuk mengetahui arah mata angin.Rangkaian kompas digital biasanya berfungsi untuk penunjuk arah, dan karena memiliki sifat magnet, maka jarum pada kompas digital akan selalu menunjuk arah utara-selatan. Jarum yang terdapat pada kompas akan selalu menunjukan arah dengan akurat, karena berhubungan langsung dengan medan magnet bumi.
Kompas biasanya memberikan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang di tunjukan adalah utara, selatan, timur dan barat. Bila kita bandingkan dengan jam dan sekstan, kompas lebih efektif dan akurat dalam menunjukan arah. Alat ini akan memudahkan pada saat kita sedang dalam perjalanan jauh, karena akan dengan mudah menunjukan tempat yang sedang kita tuju.
Rangkaian kompas di bedakan menjadi dua, yaitu kompas digital dan kompas analog. Kompas analog adalah kompas yang paling sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah kompas yang di pakai pada saat pramuka. Sedangkan kompas digital adalah kompas yang menggunakan proses digitalisasi. Cara kerja kompas digital menggunakan komputerisasi.
Tujuan penggunaan kompas digital adalah untuk melengkapi kebutuhan robot yang semakin canggih. Robot yang baik membutuhkan alat navigasi yang efektif dan efisien. Sementara alat navigasi yang di jual dipasaran harganya mahal. Itu lah sebabnya di sediakan kompas digital karena alat sistem navigasi yang di miliki lebih efektif dengan harga lebih murah.
Berikut ini gambar skema rangkaian kompas digital yang sangat sederhana dengan menggunakan kompas digital 1490 dari Dinsmore. Kompas digital 1490 adalah perangkat yang di gunakan untuk mendeteksi medan megnet bumi. Sensor akan secara internal teredam untuk mensimulasikan kinerja sebuah kompas biasa.
Di bagian bawah terdapat 12 pin sensor. Semua pin yang ditandai 2 terikat bersama-sama dan terhubung ke tanah. Pin yang ditandai 3 adalah pin output. Sebuah LED dihubungkan diantara kutub positif (+5 V) dan masing-masing pin output. Resistor 1K akan membatasi arus LED untuk 5mA. Arah dapat diidentifikasi dengan menginterpretasikan kombinasi LED bersinar. Sebuah regulator 5V khas menggunakan IC 7805 digunakan untuk menghasilkan 5V DC dari baterai 9V untuk menyalakan rangkaian.
Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Kompas Digital, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan kompas

No comments: