Rangkaian Bel Musik 10 Lagu

Bagi Anda yang hobby elektronika, kali ini disajikan Rangkaian Bel Musik 10 Lagu.  Para pemula pun dapat mencobanya.  Rangkaian ini simple, komponen yang dibutuhkan sedikit, tersedia banyak di toko-toko elektronika, dan lagi pasti murah meriah.
Bel Musik 10 Lagu sebagai komponen utama adalah sebuah IC dan dua buah transistor.  Komponen utama IC tipe UM3483 mempunyai 16 buah kaki.  Sedangkan transistor yang juga komponen utama dalam rangkaian ini, kita pilih tipe 9012 dan tipe 9013.  Komponen penyerta, seperti kondensator dan resistor kita sebarkan penempatannya sehingga didapatkan pola rakitan yang unggul.
Susunan rangkaian dibentuk sedemikian rupa, menampakkan kesan ramping.  Namun sebenarnya rangkaian ini merupakan pola rangkaian bermutu tinggi.  Kalau rangkaian bel musik 10 lagu ini telah dirakit, maka tegangan input dibutuhkan kecil saja.  Berkisar 3 – 4,5 Volt DC.  Dengan demikian kita dapat menggunakan sumber tegangan baterei dua buah jika rangkaian ini untuk permainan atau pun keperluan lain.
 

Gambar Skema Rangkaian Bel Musik 10 Lagu
Daftar komponen
R1, 3, 4         =  100 K
R2                 =  56 K
R5                 =  330 K
VR trimpot     =  100K
C1                 =  33 pF
C2                 =  4,7 uF/10 V
C3                 =  100 nF
C4                 =  22 uF/10 V
C5,6              =  20 nF
C7                 =  100 uF/10 V
Q1                 =  9012
Q2                 =  9013
IC                  =  UM 3483
SW                =  Push On
LS                 =  8 Ohm
Apabila ditempatkan secara tetap, bolehlah Anda gunakan sumber adaptor.  Tapi terserah Anda, menggunakan baterei atau adaptor.  Jika ingin awet, maka gunakan saja baterei.  Lebih praktis dan ekonomis.
Rangkaian Bel Musik 10 Lagu ini perlu diatur kestabilan musik dari 10 lagunya, maka dibutuhkan Variable Resistor.  Di sini kita pakai VR 100K.  Dengan VR ini maka frekuensi nada musik (lagu) dapat diatur sedemikian rupa, bebas pengaturannya.
Dalam melakukan perakitan, hendaklah jangan terlalu lama memegang IC sebab tangan manusia mengandung listrik yang dapat merusakkan komponen ini.  Selain itu, jangan sampai terbalik penempatan komponen-komponen seperti transistor dan elco (kondensator elektrolitik).
Demikianlah pembahasan kita kali ini, kami harapkan Anda mengerti dan paham dengan apa yang telah kami sampaikan melalui tulisan ini. Selamat mencoba Rangkaian Bel Musik 10 Lagu, semoga berhasil dan nikmati musik dan lagu dari bel ini.

No comments: