Rangkaian Tuner FM

Rangkaian Tuner FM adalah rangkaian elektronika berupa receiver / penerima radio yang beroperasi di jalur FM. Mendengarkan siaran radio FM, baik mendengarkan sajian lagu atau berita, memiliki nuansa tersendiri. Tidak kalah asyiknya dibanding melihat tayangan di televisi. Mendengarkan siaran radio FM bisa dijadikan sebagai sarana hiburan dan mendapatkan informasi.
Tuner FM ini dibandingkan dengan rangkaian yang sudah terintegrasi di dalam tape deck, tape mobil, atau compo, ternyata cukup jauh berbeda. Rangkaian ini memiliki tingkat kepekaan yang tinggi, jernih suaranya dan low noise. Sehingga nyaman di telinga selagi kita mendengarkannya.
Baiklah, pada postingan kali ini kami tampilkan Rangkaian Tuner FM yang didapat dari electroschematics.com. Rangkaian ini bisa digunakan untuk menangkap/mendengarkan siaran di radio FM dengan rentang frekuensi antara 86 – 108 MHz. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat dan pelajari gambar skemanya di bawah ini.



 Gambar Skema Rangkaian Tuner FM

Tuner radio FM ini adalah rangkaian yang tepat untuk penggemar radio yang ingin membangun tuner oleh mereka sendiri daripada membeli “plug-n-play” produk jadi. Rangkaian Tuner FM  ini dirancang dengan hanya menggunakan 3 transistor. Amplifikasi adalah sekitar 40 dB. Transistor pertama bekerja sebagai penguat RF. Transistor kedua adalah mixer. Sinyal yang masuk diperkenalkan ke basic dan sinyal osilator digabungkan ke emitor. Transistor ketiga adalah osilator. Kumparan membentuk lilitan berdiameter 6 mm dengan inti ferit. Bahan terbaik untuk kumparan adalah kawat tembaga berlapis perak karena sangat mudah untuk disadap. Jarak antar gulungan harus 0,8 mm.
Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Rangkaian Tuner FM. Semoga dengan membaca artikel ini bisa memberi pencerahan pada Anda dan Anda bisa membuat sendiri tuner FM.  Selamat berkarya dan semoga berhasil.

No comments: