Cara Memilih Laptop yang Bagus


Cara Memilih Laptop yang Bagus



Laptop / notebook kini telah hadir dengan berbagai fitur dan keunggulan spek yang berbeda-beda dengan kisaran harga yang cukup relatif. mulai dari harga 3jt an hingga sampai puluhan juta itu semua tergantung dari fitur yang di berikan pada laptop tersebut.  
Berikut ada tips tentang bagaimana cara memilih laptop yang baik :
1. Sesuaikan Budget dan Keperluan anda

Beberapa tahun yang lalu, harga laptop masih berkisar 10 juta rupiah untuk kelas medium nya, namun sekarang harga laptop sudah tidak mahal seperti dulu lagi. Dengan harga sekitar 10 juta Anda sudah bisa membeli laptop dengan spek core i7 . Disamping itu, kini juga telah hadir Netbook dengan harga terjangkau. laptop seperti apa yang anda inginkan ? bila hanya untuk keperluan dasar seperti browsing, document editing, menampilkan foto/video/musik. itu kita cukup membeli laptop yang kelas medium saja, seperti yang masih murah saat ini sekitar 3 jutaAn yaitu laptop dengan spek dual core, core 2 duo, bahkan kalau beruntung ada diskon kita bisa mendapatkan laptop yang sudah core i3.
murah bukan??
Namun jika Anda membutuhkan laptop performa tinggi untuk main game/video editing/rendering, saya disarankan untuk menyiapkan budget di kisaran atas 7 juta untuk laptop dengan performa tinggi. Laptop yang mempunyai performa tinggi sudah memiliki fitur-fitur seperti CPU kecepatan tinggi diatas 2 Ghz , kartu grafis (Dedicated VGA card seperti Radeon maupun Nvidia).


2. Pertimbangkan Berat Laptop Jika Digunakan Bepergian

Jika laptop yang Anda beli untuk mobilitas Anda bawa bepergian, tempat kerja, kampus, dll. Maka saya sarankan untuk mempertimbangkan berat laptop sehingga nantinya tidak menyusahkan Anda ketika membawanya. carilah laptop yang beratnya 1,6 - 2,2 kg.

Namun jika Anda tidak akan membawa laptop tersebut bepergian, ada baiknya untuk memilih layar yang besar mungkin untuk kenyamanan Anda ketika menggunakan laptop tersebut sehingga mata tidak cepat lelah dan bisa menampilkan display yang lebih lebar.
Untuk ukuran layar kecil, terdapat di Netbook maupun Ultrabook laptop yang hadir dengan layar antara 10 hingga 13 inch, dengan berbagai spesifikasi yang berkisar dari performa dasar hingga menengah.
Untuk ukuran layar sedang, terdapat berbagai laptop dengan ukuran layar 14 inch hingga 15 inch yang biasanya memiliki spesifikasi performa menengah hingga ke atas.
Untuk ukuran layar besar, biasanya layar berkisar di atas 16 inch, dengan performa yang biasanya tinggi dan sudah memiliki kemampuan grafis dan multimedia yang sangat canggih.


3. Memilih Desain Secara Umum Laptop Tersebut

Perhatikan letak touchpad, keyboard usahan cari yang empuk agar tidak mudah capek dalam mengetik, material casing cari yang tidak mudah luntur, dan berbagai hal lainnya yang menyangkut desain laptop sehingga membuat Anda merasa nyaman ketika mengetik dan menggunakan touchpad. Pertimbangan ini membantu Anda memilih laptop dari berbagai merk yang hadir pada kelas dan harga yang setara. carilah desain yang menurut anda bagus dan nyaman.

4. Mengenal Spesifikasi pada laptop yang akan di beli

Processor/CPU adalah otak pemroses data dari komputer, biasanya memiliki kecepatan diatas 1GHz. Makin tinggi angka GHz pada prosesor, maka makin cepat performa laptopnya. untuk itu carilah laptop yang processornya sudah 2 ghz atau lebih. 

Namun ada beberapa faktor lain yang akan mempengaruhi seperti misalnya besar Cache untuk kelancaran transfer data. Secara umum, tersedia 2 merk processor yaitu AMD dan Intel dengan berbagai tipe yang menyesuaikan dengan kecepatan, penggunaan daya(hemat baterai/boros baterai) dan sebagainya.

VGA atau Graphic Card adalah unit pemroses gambar dan video untuk meningkatkan performa laptop ketika sedang menjalankan aplikasi grafis dan video seperti 3D game, video editing maupun render. Biasanya pada laptop spesifikasi tinggi tersedia dalam 2 merk yaitu Nvidia dan Radeon namun kini pada laptop kelas menengah pun sudah tersedia kartu grafis bawaan dari Intel/AMD yang bisa untuk memenuhi keperluan dasar grafis.

Hard Drive adalah tempat penyimpanan data pada komputer Anda. Biasanya akan dihitung dalam kisaran GB. sekarang ini Ada 2 macam hard drive, yaitu hard drive HDD yang sangat umum dijumpai pada laptop dengan kapasitas hingga ratusan GB dan hard drive SSD yang berkapasitas lebih kecil dari HDD namun memiliki kecepatan akses yang tinggi. Carilah hardisk sekitar 320gb - ke atas. untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data anda.

RAM (Random Access Memory) adalah unit penyimpanan data sementara pada komputer. Beda RAM dengan hard drive adalah data yang berada pada RAM adalah data yang sedang digunakan dan diproses oleh komputer. Makin besar RAMnya, makin lancar kecepatan laptop Anda untuk menjalankan aplikasi, Tapi perhatikan pula sistem operasi laptop Anda karena tidak semua sistem operasi laptop bisa memanfaatkan secara maksimal RAM yang besar. Untuk DDR3 carilah ram minimal 2gb itu sudah bagus untuk menjalankan berbagai aplikasi atau game kelas medium.

Selain hal-hal di atas, terdapat fitur-fitur koneksi yang biasa diperlukan. 

USB Port untuk koneksi mouse/keyboard maupun membuka media penyimpanan Flash Disk ataupun External Drive/Player, pastikan jumlah USB port yang tersedia mencukupi kebutuhan Anda. minimal 2 buah usb port dan kalau bisa untuk sekarang ini kebutuhan akses tinggi mungkin di perlukan maka cari lah usb port yang sudah versi 3.0 supper speed.
Pastikan laptop Anda memiliki koneksi video seperti VGA port ataupun HDMI untuk menampilkan gambar pada proyektor/layar besar ketika presentasi.

untuk Batrai laptop, carilah batrai yang sudah memiliki elemen 6 cell agar daya batrai untuk menghidupkan komputer lebih bertahan lama. batrai normal biasanya waktu stanby jika hanya browsing internet dan memutar musik itu bertahan sekitar 2jam.

itu tadi adalah tips dan trik bagaimana cara memilih laptop yang bagus.
semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar