Rangkaian Speaker Aktif

Rangkaian Speaker Aktif adalah transduser yang di gunakan untuk mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponen yang berbentuk selaput. Rangkaian Speaker Aktif paling banyak di jual dipasaran, namun harga sebuah rangkaian ini tidak bisa di bilang murah sehingga akan akan berfikir ulang untuk membelinya.
Sistem rangkaian speaker aktif adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CD dan DVD, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan dengan memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita di dunia. Namun, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.


Untuk membuat speaker aktif cukup sederhan, karena inti dari pembuatannya adalah sebuah amplifier yang sudah di packing menjadi satu bagian dengan speaker yang akan kita pakai dan di tempatkan di dalam sebuah tabung speaker. Setelah semua rangkaian siap, anda sekarang hanya tinggal menyiapkan speaker dan box speakernya.
Ada berbagai macam jenis-jenis speaker aktif di antaranya adalah :
  • Speaker Dual Cone
Desain dari speaker ini paling efisien dan berharga murah, biasa dilihat distandar mobil baru. Dentuman suara yg dihasilkan rata2 nyaris sama, walaupundari berbagai merk. Terdiri dari 2 buah cone ( konus ).
  • Speaker Coaxcial (Terpusat)
Speaker ini terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan.Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata.
  • Speaker Split (Terpisah)
Jenis speaker ini adalah jenis terpisah. Woofer, Midrange dan tweeter terpisah.Crossover digunakan untuk membagi frekuensi suara.
Bagi anda yang ingin membaca lengkap mengenai jenis-jenis speaker aktif dan cara membuat rangkaian speaker aktif di sini. Di dalam web itu di jelaskan pengertian speaker aktif, sejarah speaker aktif, jenis-jenis speaker aktif , jenis speaker split, cara kerja speaker aktif dan driver type.
Cara kerja speaker aktif merupakan kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir samadengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape,CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini denganmenggunakan satu drivers atau lebih.