Rangkaian Paralel


Rangkaian Paralel adalah suatu rangkaian listrik yang tersusun secara berderet, di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Hal ini lah yang mengakibatkan rangkaian paralel menghabiskan biaya yang lebih banyak di bandingkan dengan rangkaian seri.
Selain memiliki kelemahan, susunan paralel juga memiliki kelebihan tertentu dibandingkan susunan seri. Salah satu kelebihannya adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Gabungan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel disebut rangkaian seri-paralel.

Pada susunan paralel arus listrik dari baterai dapat melalui setiap lampu. Suatu rangkaian, dimana ada beberapa jalan berbeda yang dapat dialiri arus disebut juga sebagai rangkaian paralel.
Di bawah ini gambar dari susunan paralel :

Dari gambar di atas dapat kita lihat, bahwa  tiga buah resistor disusun secara paralel dan ujung-ujung ketiga resistor dihubungkan secara bersama-sama ke sumber tegangan, sehingga arus memiliki tiga jalan yang berbeda untuk melewati tiap-tiap resistor.
Dalam susunan paralel, resistansi total adalah sama dengan jumlah kebalikan tiap resistansi. Hambatan ini adalah lebih kecil daripada hambatan tiap-tiap resistor dari ketiga resistor yang dihubungkan secara paralel dalam rangkaian tersebut. Penempatan dua atau lebih resistor dalam susunan paralel, selalu mengurangi besar hambatan pengganti pada rangkaian tersebut.
Hambatan paralel  tersebut menurun karena setiap resistor baru menambah jalur arus baru, dan meningkatkan arus total karena beda potensial tidak berubah. Untuk menghitung hambatan pengganti pada rangkaian paralel, pertama-tama kita harus tahu bahwa arus total adalah jumlah arus yang melalui cabang.
Contoh dari rangkaian listrik paralel dapat kita lihat pada lampu lalu lintas, dimana prinsip kerja rangkaian listrik paralel pada lampu lalu lintas tersebut menggunakan tiga buah lampu yang terhubung paralel antara satu lampu dengan yang lain. Jadi pengertian rangkaian listrik paralel bisa juga dikatakan sebagai rangkain berderet, dimana antara beban satu (lampu) dengan beban yang lain dipasang secara berjajar.

No comments: