Rangkaian Regulator Switching 3 Ampere

Rangkaian Regulator Switching 3 Ampere – Catu daya adalah suatu rangkaian terpenting pada pesawat elektronika, karena bagian ini berguna untuk memberikan daya listrik kepada seluruh rangkaian pesawat. Supaya pesawat dapat bekerja dengan baik maka catu daya harus dapat memberikan tegangan listrik yang stabil. Untuk itu maka rangkaian catu daya mempunyai bagian-bagian yang penting yaitu penyearah dan penstabil. Bagian primer trafo / regulator swiching disebut dengan regulator input dan bagian sekunder disebut regulator output.
Tegangan AC terlebih dahulu dirubah menjadi tegangan DC dengan perataan dan regulator tegangan yang dapat mengendalikan tegangan DC ke rangkaian pesawat. Tegangan DC yang dihasilkan ini diharapkan dapat stabil, sehingga pesawat dapat bekerja sempurna. Kerusakan yang terjadi pada regulator ini akan mengakibatkan  gangguan.
Di bawah ini bisa Anda lihat gambar skema Rangkaian Regulator Switching 3 Ampere.
 



Gambar Skema Rangkaian Regulator Switching 3 Ampere
Bila dibandingkan dengan regulator tegangan linier, regulator tegangan switching jauh lebih efisien. Dalam kasus regulator tegangan linier perbedaan antara input dan tegangan output terbuang dan untuk regulator switching hampir tidak ada pemborosan seperti itu dan itu sebabnya switching regulator memiliki efisiensi daya yang besar berkisar sampai 85%. Dengan kata sederhana, switching regulator beroperasi dengan mengambil potongan-potongan kecil dari energi dari sumber tegangan input dan kemudian mentransfer ke output dengan bantuan saklar solid state dan sirkuit kontrol. Karena elemen switching  terbuka penuh atau tertutup setiap saat, tidak ada energi yang terbuang di atasnya. Rangkaian kontrol mengontrol siklus dari saklar solid state yang pada gilirannya menentukan tingkat di mana energi yang ditransfer ke output.
Rangkaian Regulator Switching 3 Ampere adalah regulator sederhana dengan biaya murah  menggunakan IC LM317 yang dapat memasok daya hingga 3A. Tegangan masukan berbagai sirkuit ini adalah antara 8 sampai  35V DC dan tegangan output dapat disesuaikan antara 1,8 sampai 32V DC. Tegangan output dapat disesuaikan menggunakan POT R4.
Demikianlah penjelasan tentang Rangkaian Regulator Switching 3 Ampere telah kami sajikan.  Semoga bisa menjadi alternatif bagi Anda dalam membangun sebuah rangkaian regulator yang handal.

No comments: