KOMUNIKASI DATA

Komunikasi secara umum di bagi menjadi dua bagian, yaitu :
  1. Pengertian Komunikasi secara Etimologis
            Komunikasi berlangsung apabila antara orang-orang yang terlibat terdapat kesamaan makna mengenai suatu hal yang di komunikasikannya.
  1. Pengertian Komunikasi secara Terminologis
Komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain.
Komunikasi data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara computer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang di kirimkan melalui media komunikasi data.
Pertukaran antara dua bagian di sebut system komunikasi. Tujuan dari komunikasi data yaitu saling menukar informasi antara dua perantara.
Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam sistem komunikasi data , antara lain :
  1. Termional
  2. Jalur komunikasi
  3. Modem.
Berikut adalah metode-metode komunikasi data :
  1. Half Duplex = Dapat mengirimkan data dalam dua arah, tetapi hanya satu arah saja dalam sayu waktu.
·         Keuntungan :
a.       Biaya kurang dari biaya full duplex.
b.      Memungkinkan untuk komunikasi 2 arah.
·         Kerugian :
a.       Biaya lebih dari simplex
b.      Hanya satu perangkat saya yang dapat mengirim data pada satu waktu.
  1. Simplex = Hanya dapat mengirimkan data satu arah.
·         Keungtungan :
a.       Merupakan metode komunikasi termurah
·         Kerugian :
a.       Hanya memungkinkan untuk komunikasi satu arah
  1. Full Duplex = Data dapat di kirimkan dalam dua arah, dan memungkinkan komunikasi dua arah secara bersamaan.
·         Keuntungan :
a.       Memungkinkan komunikasi dua arah secara bersamaan
·         Kerugian :
a.       Metode yang paling mahal dalam hal peralatan karena dua saluran bandwidth yang di perlukan.
-          Pengirim = piranti yang mengirimkan data
-          Penerima = piranti yang menerima data
-          Pesan/data = Representasi informasi dalam bentuk formal yang cocok untuk proses komunikasi,  interprestasi,atau pun proses pada manusia maupun mesin. Data dapat di sebut juga informasi yang akan di pindahkan.
-          Media pengirimah = saluran yang di gunakan untuk mengirimkan data
Protokol = aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi.
Perbedaan antara data dan informasi adalah, jika data merupakan sebuah gambaran dari kenyataan , konsep atau intruksi dalam bentuk formal, sedangkan informasi di peruntukan bagi data dengan persetujuan pemakai data tersebut.
            Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik. Pengertian lain dari Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda.
            Dalam komunikasi data ada yang di sebut dengan istilah sampling sinyal audio menjadi sinyal digital. Maksud dari sampling itu sendiri adalah memungkinkan perubahan sinyal analog menjadi bit-bit digital. Jika telah menjadi sinyal digital maka sinyal ini menjadi jauh lebih baik. Para proses sampling, terjadi suatu pencuplikan dari bentukan sinyal analog. Pencuplikan dilakukan pada bagian-bagian sinyal analog.
Faktor yang harus diperhatikan pada komunikasi data
  •  Protokol yang digunakan
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan, misalnya mengirim pesan, data, informasi, dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali.
Contoh Komunikasi Data
  •  Contoh Komunikasi Data Nirkabel  :
1.      WiFi.
2.      GSM pada handphone.
3.      Bluetooth.
4.      Radio
5.      Inframerah untuk komunikasi jarak dekat pada HP
  • Contoh Komunikasi Data Dengan Kabel  :
1.      ADSL, Asymmetric Digital Subscriber Line, teknologi modem untuk komunikasi multimedia komunikasi data berkecepatan tinggi yang memanfaatkan kabel twisted-pair kabel telepon yang telah eksis. Kecepatan transmisinya dapat sampai mencapai 6 Mbps.
2.      LAN menggunakan kabel UTP
3.      Televisi Kabel
4.      USB
5.      Faximile
JARINGAN KOMPUTER
            Jaringan Komputer merupakan hubungan dua atau lebih system komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain guna berbagisumber daya (resource).
Keuntungan dari jaringan computer :
  • Speed
Dengan jaringan komputer pekerjaan akan lebih cepat, fasilitas sharing akan memudahkan transfer data antar komputer.
  • Cost
Sumber daya hardware dapat diminimalisir karena dapat berbagi hardware antar komputer.
  • Security
Jaringan komputer memberikan layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain.
  • Centralized Software Management
Salah satu keuntungan jaringan komputer adalah pemusatan program aplikasi. Ini akan mengurangi waktu dan tenaga untuk instalasi program dimasing-masing komputer.
  • Resource Sharing
Jaringan komputer dapat mengatasi terbatasnya hardware (printer, CDROM, dll) maupun data.
  • Flexible Access
User dapat mengakses data yang terpusat dari computer manapun.
  • dll
Perangkat Jaringan
Perangkat jaringan adalah semua komputer , peripheral, interface card dan perangakat tambahan yang terhubung ke dalam sutu sistem jaringan komputer untuk melakukan komunikasi data.
  • Server
Server merupakan pusat kontrol dari jaringan komputer. Sistem operasi yang digunakan merupakan sistem operasi khusus yang dapat memberikan berbagai layanan bagi workstation.
  • Workstation
Semua komputer yang terhubung dengan jaringan dapat dikatan sebagai workstation. Komputer ini yang melakukan akses ke server guna mendapat layanan yang telah disediakan oleh server.
  • Network Interface Card (NIC)
NIC sering disebut Ethernet Card, digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke jaringannya.
  • HUB
Disebut juga reapeater hub merupakan komponen jaringan yang digunakan di dalam jaringan 10Mbps tradisional untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan skala kecil (LAN).
  • SWITCH
Switch adalah device sederhana yang juga berfungsi untuk menghubungkan multiple komputer. Switch memang identic dengan hub, tetapi switch lebih cerdas dan memiliki performa tinggi dibanding hub.
Switch terbagi menjadi dua tipe utama; switch layer-2 dan layer-3. Switch layer-2 bekerja pada layer datalink model OSI dan berdasarkan teknologi bridging.Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan pada alamar MAC.
Switch layer-3 beroperasi pada layer-3 dari OSI model dan berdasarkan teknologi routing. Switch seperti ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan alamat jaringan. Switch switch ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringanjaringan yang berbeda dalam suatu internetwork.
  • REPEATER
Repeater bekerja meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk. Pada ethernet kualitas transmisi data hanya dapat bertahan dalam range waktu dan jangkauan terbatas, yang selanjutnya mengalami degradasi. Repeater akan berusaha mempertahankan integritas sinyal dan mencegah degradasi sampai paket-paket data menuju tujuan. Adapun kelemahan repeater, perangkat ini tidak dapat melakukan filter traffic jaringan.
  • BRIDGE
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk memecah jaringan yang besar. Bridge bekerja pada layer data-link dari model OSI. Bridge bekerja dengan mengenali alamat MAC asal yang mentransmisi data ke jaringan dan secara otomatis membangun sebuah table internal. Tabel ini berfungsi untuk menentukan ke segmen mana paket akan di route dan menyediakan kemampuan filtering.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data

No comments: