RINI SUGIARTO ANIMATOR INDONESIA SUKSES GARAP FILM HOLLYWOOD THE ADVENTURE OF TINTIN

RINI SUGIARTO ANIMATOR INDONESIA SUKSES GARAP FILM HOLLYWOOD THE ADVENTURE OF TINTIN 

Talenta talenta muda Indonesia memang saat ini mulai berkibar di kancah internasional, setelah ada beberapa pemuda yang sukses menembus dan bekerja di Universal Studio sebagai animator, kali ini wanita muda berbakat yang bernama Rini Sugiarto menjadi salah satu animator film sukses Hollywood yang berjudul “The Adventure of Tintin”. Film Animasi yang begitu digemari di seluruh dunia yaitu seorang Jurnalis yang memiliki jambul yang bernama Tintin sukses digarap oleh sang animator Indonesia Rini Sugiarto. Siapakah rini Sugiarto? Bagaimana sepak terjangnya di dunia animasi? Berikut perjalanan Rini Sugiarto sehingga menjadi salah satu animator dalam film “The Adventure of Tintin”



Sekali lagi generasi muda Indonesia membuktikan diri pantas bersanding di dunia internasional. Seperti yang dilakukan animator Rini Sugianto, yang terlibat dalam pembuatan animasi di film ‘The Adventures of Tintin’.

Bermula dari kecintaan karakter fiksi seorang jurnalis berjambul bernama Tintin, animator muda ini sukses menembus kancah perfilman Amerika Serikat (AS), Hollywood. Rini saat ini bekerja sebagai animator di perusahaan WETA digital di Selandia Baru.

Sebelumnya, Rini adalah lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California. Ia rela meninggalkan pekerjaan dan kehidupan di Amerika untuk pindah ke Selandia Baru, setelah mendapat tawaran menggarap film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini.

“WETA waktu itu lagi hiring untuk Tintin dan ‘Rise of the Planet of the Apes’. Setelah itu, saya ditelepon. Katanya, mau pindah ke Selandia Baru atau nggak? Saya grew up dengan Tintin, waktu kecil baca Tintin terus. Akhirnya saya nggak bisa nolak dan pindah ke sini tahun lalu,” tutur Rini via telepon kepada VOA.
Maka ‘The Adventures of Tintin’ menjadi film layar lebar Hollywood pertama yang melibatkan dirinya sebagai salah satu animator. Prestasi luar biasa ini membuatnya luar biasa gembira. Menurut Rini, kemungkinan perekrutnya tertarik karena ia memiliki anjing. Mengingat Tintin memiliki anjing bernama Snowy.

“Jadi mungkin saya dianggap lebih tahu gerakannya anjing karena tiap hari melihat. Senangnya dapat kesempatan untuk kerja di film sebesar Tintin. Apalagi dengan sutradaranya semacam Steven Spielberg. Baru pertama kali ini kerja dengan sutradara terkenal,” ujarnya, meski hanya bertemu via video conference.

Dalam ‘The Adventures of Tintin’ Rini bertindak sebagai animator dengan andil terbesar. Total, ia menggarap 70 shot di film tersebut. Keterlibatannya ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Rini. Terutama, karena komiknya sudah dikenal seluruh dunia.

“Orang-orang sudah familiar sama karakternya. Kita nggak bisa sembarangan mengubah cerita atau terlalu jauh dari aslinya,” tambah Rini. Selain itu, produksi full animasinya juga memakan waktu hingga satu setengah tahun dan proyeknya telah berjalan sejak empat tahun lalu.

Melihat nama orang Indonesia di film sebesar Tintin tentunya merupakan kebanggaan tersendiri, terutama bagi orangtua. Rini meminta mereka menontonnya. “Orangtua kebetulan tidak sering nonton film. Mungkin dalam 10 tahun, Tintin film pertama yang mereka tonton. Mereka cukup bangga melihat nama (Rini) di big screen.”

Saat ini, Rini juga sedang menggarap animasi untuk film Hollywood lainnya. “Sekarang lagi ngerjain film ‘The Avengers’. Jadi kalau pada nonton film ‘Thor’ dan ‘Captain America’, ada klip-klipnya untuk ‘The Avengers’. Ini gabungan semua superhero,” jelasnya.

Pesan Rini terutama kepada sesama animator, jangan pernah putus asa dalam menggapai cita-cita. “Never give up. Kalau memang ada perusahaan yang animator-animator Indonesian mau tembus, pelajari tipe animasi dan buat animasi seperti yang mereka kerjakan. Lama-lama akan terbuka peluangnya.”(sumber: inilah.com)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments: